Pos Koramil Sampuabalo-Gunung Jaya Diresmikan

Pj Bupati Buton, Basiran, saat meresmikan Pos Koramil Gunung Jaya-Sampuabalo. (Foto Ist)

SURUMBA.com - Pos Koramil yang terletak di Kecamatan Siotapina, tepatnya di perbatasan Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo, diresmikan Pj Bupati Buton, Basiran, Sabtu (22/10/2022). 

Hadir langsung Dandim 1413 Buton, Letkol Armed Muh. Faozan dan Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen.

Kegiatan dirangkaikan dengan pencanangan penanaman Bibit Pepaya California dalam pemanfaatan lahan pekarangan masyarakat, serta peresmian Rumah Produksi Olahan Hasil Laut "Ingkita" Dinas Perindustrian Buton di Desa Sampuabalo, Siotapin. 

Dalam sambutannya, Basiran menyebut, dengan berdiri Pos Koramil tersebut menjadi cikal bakal berdirinya Satuan Militer Koramil.

"Perlu ada terobosan-terobosan khusus seperti yang sudah sering kita dengar bahwa tentara masuk Desa. Sekarang kita mencoba hal yang baru, yakni tentara menanam tanaman. Sebab masalah inflasi hari ini adalah masalah ketahanan pangan khususnya komoditas cabai," ungkap Basiran. 

Menurutnya, memanfaatkan lahan tidur untuk pencanangan penanaman Pepaya California di pekarangan masyarakat dapat membantu pemerintah dalam hal komoditas pangan. 

Di akhir sambutannya, orang nomor satu di Buton itu berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan di tengah masyarakat yang heterogen dengan tagline "Buton Selalu Di Hati".

“Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, poma masiaka, poangkakataka, popiapiara, pomamaeka. Hindati minuman keras, karena miras merupakan sumber konflik,” ujar Basiram.

Di tempat yang sama, Dandim 1413 Buton, Letkol Armed Muh. Faozan, mengajak untuk tetap menjaga persaudaraan di lingkungan setempat, sehingga tercipta suasana yang kondusif tanpa melihat hal yang negatif. 

Ke depannya, Desa Gunung Jaya dan Sampuabalo akan dibina sebagai percontohan Kampung  Pancasila untuk hidup rukun dan berdampingan. 

Sementara itu, Kapolres Buton, AKBP Rudy Silaen, mengungkapkan, bahwa keamanan adalah dasar kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi berdirinya Pos Koramil sebagai bentuk kolaboratif untuk melayani masyarakat. 

Kedepannya masyarakat TNI POLRI dan seluruh elemen terkait bisa memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat. (Din)

TERKINI