Buton Kembali WTP, Sembilan Kali Secara Konsekutif

Bupati Buton, La Bakry, menerima LHP atas LKPD Tahun 2021 dari Plh Kepala BPK RI Perwakilan Sultra, Patricie Lumumba Sihombing, di Aula Kantor BPK Sultra, Kendari, Selasa (Mei 31, 2022). (Foto: Ist)

SURUMBA.com - Pemerintah Kabupaten Buton kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2021 ini, merupakan WTP ke 9 bagi Buton yang diraih secara konsekutif atau berturut-turut sejak tahun 2013.

Bupati Buton, La Bakry, hadir langsung menerima opini WTP dari Plh Kepala BPK Perwakilan Sultra, Patricie Lumumba Sihombing, di Aula Kantor BPK Sultra, Kendari, Selasa (Mei 31, 2022).

“Saya atas nama para Bupati dan secara pribadi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala BPK RI Perwakilan Propinsi Sulawesi Tenggara beserta Jajaran yang telah melaksanakan audit dengan lancar dan berjalan baik sesuai harapan kita semua,” kata Bupati Buton ketika menyampaikan sambutan mewakili 4 kabupaten dalam penyerahan hari yang sama yakni Kabupaten Buton, Kolaka Utara, Konawe Utara, dan Bombana.

Tentu apapun hasilnya kata Bupati Buton, itulah yang terbaik. Pihaknya akan menerima serta melakukan tindak lanjut sesuai ketentuan yang berlaku dengan tetap memohon bimbingan dan arahan dari BPK RI Perwakilan Sultra.

“Kami juga menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya bila dalam proses audit, mulai entry meeting, exit meeting sampai dengan penyerahan hasil audit ini masih terdapat tanggapan yang kurang dan menjadikan tidak berkenan,” kata La Bakry.

Ketua Partai Golkar Buton ini juga mengharapkan agar hasil pemeriksaan yang telah disampaikan oleh BPK ini dapat memberikan dorongan dan motivasi para OPD untuk terus memperbaiki dan menyajikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD sesuai peraturan perundang-undangan.

“Saya mengajak kita semua untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja pemerintah daerah khususnya dalam melakukan penyempurnaan penyajian laporan keuangan secara tepat waktu, akuntabel dan semoga pengabdian dan kerja keras kita pada bangsa dan negara ini bernilai ibadah kepada Allah SWT,” pungkas Bupati Buton.

Turut mendampingfi Bupati Buton pada kesempatan itu yakni Sekda Buton,  La Ode Zilfar Djafar, Anggota DPRD Buton, Sumarlin, Kepala Inspektorat Buton, Gandid B Sioni, Kepala BPKAD Buton, Sunardin Dani, dan beberapa Kepala OPD Lingkup Pemkab Buton.  (Adm)

TERKINI