ASN Buton Mulai Pakai Motor Listrik sebagai Kendaraan Dinas

Bupati La Bakry saat menyerahkan motor listrik kepada ASN Buton di rujabnya (Foto Ist)

SURUMBA.com - Bupati Buton, La Bakry menyerahkan 5 Sepeda Motor Listrik Gesits kepada ASN untuk diuji coba sebagai kendaraan dinas. Penyerahannya berlangsung di Halaman Malige Daona Wajo, Rujab Bupati Buton, Senin (30/05/2022). 

Garasindo Electric Scooter (Gesits) merupakan sepeda motor listrik pertama buatan dalam negeri yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai kendaraan roda dua yang ramah lingkungan dan hemat energi.

Bupati La Bakry mengatakan, penggunaan kendaraan motor listrik merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka menurunkan emisi karbon di sektor transportasi. 

"Sesuai kebijakan Pemerintah dalam rangka uji coba penggunaan motor listrik, kita coba dulu 5 motor kepada ASN. Itu dimaksudkan untuk membantu menjalankan tugas, lalu kemudian dapat tersosialisasikan kepada masyarakat," katanya.

Motor Listrik dapat menghemat biaya, karena satu kali charge untuk perjalanan 50 kilometer biayanya Rp1.500, serta tidak menggunakan Oli.

"Selain itu juga, Gesits ramah lingkungan dikarenakan tidak adanya pengeluaran emisi karbon. Sehingga motor listrik bisa menjadi solusi untuk mengurangi polusi yang ada di Indonesia," tutur orang nomor satu di Buton itu. (din)

TERKINI