106 Santri di Buton Wisuda

Pj Bupati Buton, Basiran, saat mewisuda santi TPQ Binaan Penyuluh Agama Islam Kemenang Buton, Senin (24/10/2022). (Foto Ist)

SURUMBA.com - Pj Bupati Buton, Basiran, mewisuda 106 santri Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) binaan Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama, di Gedung Wakaka, Senin (24/10/2022). 

Wisuda yang bertemakan ‘Dengan Wisuda Santri dan Tahfidz Kita tingkatkan Kualitas Generasi yang Lebih Islami dan Berakhlakul Karimah’ itu, dihadiri Sekda Buton Asnawi Jamaluddin, Kepala Kemenag Buton H. Mansur, Ketua MUI Buton La Djawi, Camat Pasarwajo Amruddin.

Giat tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Draft Rancangan Perda Gema IMTAQ kepada Pj Bupati Buton.

"Untuk membuat instruksi Bupati Buton untuk gerakan Mengaji Ba'da Magrib di antara Magrib dan Isya diupayakan kita mengaji sehingga Rahmat Allah turun untuk masyarakat Buton,” kata Pj Bupati Basiran.

Orang nomor satu di Buton itu mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada anak-anak yang sudah mengaji menglafalkan Al-Qur'an dengan baik. Sehingga yang lain bisa menirukan seperti Maulana Fikri Hafidz Al-Qur'an yang melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an yang sangat merdu.

“Mudah-mudahan penghafal Tahfidz Qur'an,  dan yang ikut MTQ, STQ yang asal Kabupaten Buton semua yang sempat hadir saat ini, saya menetipkan pesan atau harapan kepada Ustadza tolong jadikan mereka anak-anak Tahfidz Qur'an. Insyah Allah ada rezeki APBD kita bangun rumah Tahfidz Al-Qur'an,” ujarnya.

Kepala Kantor Kemenag Buton, H. Mansur, menguraikan jumlah santri yang wisuda terdiri 96 santri dan 10 org tahfidz Qur'an 1 juzz 

Ia mengharapkan Bupati untuk memberikan dukungan secara yurinis dengan rancangan Perda gerakan masyarakat muslim cinta Al-Qur'an yang disering sebut (Gema Imteq).

"Gema Imteq ini secara ringkas memiliki 4 Program, yang pertama adalah memberikan beasiswa bagi santri bagi siswa siswi mulai dari SD, SMP, SMA yang memiliki bakat  Khori-khori'a dan Hafidz-hafidza. Kedua gerakan wakaf Al-Qur'an SKPD sudah memberikan Qur'annya dalam bentuk uang kurang lebih Rp70 juta," tutupnya. (Din)

TERKINI