Pj Bupati Buton Tokoh Inspiratif

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (tengah), diapit Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kiri) dan Pj Bupati Buton, Basiran (kanan) saat malam pentas seni Raimuna Daerah III, di Bumi Perkemahan Samparona, Rabu malam (19/10/2022).

SURUMBA.com - Pj Bupati Buton, Basiran, kembali meraih penghargaan. Sebelumnya, ia dinobatkan sebagai Tokoh Inovatif Pemerintahan oleh salah satu Surat Kabar Harian (SKH) di Kota Kendari, kali ini ia didaulat sebagai Tokoh Inspiratif.

Penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif tersebut diperoleh Basiran pada Raimuna Daerah III di Bumi Perkemahan Samparona, Kota Baubau, Rabu malam (Oktober 19, 2022).

Selain Basiran, dua kepala daerah lainnya juga dinobatkan sebagai Tokoh Inspiratif, yakni Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, dan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

“Loyalitas dan menjaga hubungan sesama, dan itu diajarkan dalam pramuka. Dalam gerakan pramuka tidak boleh membedakan-bedakan satu sama lain. Dan pramuka menjadikan kita satu kesatuan,” kata Basiran kepada ratusan kader pramuka. 

Orang nomor satu di Buton itu menceritakan masa mudanya sewaktu masih aktif di gerakan pramuka. Saat itu dia berproses di pramula Saka Dirgantara. 

"Ketika remaja, saya juga sama seperti adik-adik, aktif di pramuka. Sampai hari ini Dasa Darma Pramuka harus tetap di hati kita, karena praamuka merupakan sebuah organisasi yang pengkaderannya terbaik,” tutur Basiran. 

Sementara itu, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse banyak memberikan motifasi dan mengajak anggota pramuka untuk terus berkreasi.

Tujuan dari Monianse adalah agar di masa emas Indonesia di tahun 2045 nanti, generasi muda Sultra dapat meraihnya.

"Saya melihat perkemahan hari ini, sama saja kita melihat masa depan Indonesia dan berharap di masa emas Indonesia 2045 kita bisa meraih itu,” imbuh orang nomor satu di Kota Baubau itu. 

Untuk bisa menjadi andalan Indonesia ke depan, kata Monianse, mesti dipersiapkan generasi unggul yang memiliki beberapa karakter yakni kreatif, kritis, kolaboratif dan membangun komunikasi yang baik. 

Senada juga dikatakan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa. Ia mendapat banyak pengalaman berorganisasi dari gerakan pramuka. 

“Ketika saya masih remaja seperti adik-adik malam ini, saya juga aktif berpramuka. Gerakan pramuka adalah tempat menempa diri dan menimba keterampilan dan pengetahuan. Memupuk jiwa disiplin dan kebersamaan. Untuk itu semua anggota pramuka dapat membentuk jiwa sesuai Dasa Darma Pramuka,” tuturnya. 

Ia menyebut, pengkaderan dalam pramuka sangat jelas. Organisasi pramuka juga diatur dalam undang-undang, sehingga gerakan pramuka wajib untuk dikembangkan. Kader-kader Pramuka merupakan generasi unggul yang sangat potensial untuk membangun bangsa. (Din)

TERKINI