Popda Sultra 2022, Buton Rebut Dua Medali

Tim bola basket putri Kabupaten Buton berhasil meraih juara 3 setelah mengalahkan Kabupaten Wakatobi dalam Popda Sultra 2022. (Foto: Ist)

SURUMBA.com - Kontingen atlet Kabupaten Buton berhasil merebut dua medali pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diselenggarakan di Kota Kendari, 17 - 20 Mei 2022.

Dua medali yang berhasil direbut atlet Kabupaten Buton yakni medali perak pada cabang olahraga (cabor) bulu tangkis putri, dan medali perunggu pada cabor bola basket putri.

Dalam final bulu tangkis putri, Buton dikalahkan oleh Kota Kendari. Sementara perebutan juara 3 bola basket putri, Buton berhasil mengalahkan Kabupaten Wakatobi.

 

Atas prestasi yang diperoleh, Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton, Nanang Lakaungge, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Buton dan Kepala Dispora Buton yang telah memberikan dukungan penuh kepada tim sehingga berhasil membawa pulang dua medali.

Nanang yang juga merupakan Ketua Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Cabang Kabupaten Buton mengaku bangga dengan prestasi yang diperoleh tim bola basket. Sebab ikut kejuaraan basket di Popda merupakan perdana bagi Buton. Olehnya, juara 3 merupakan modal yang baik untuk kejuaraan-kejuaraan basket di masa mendatang.

"Ini kali pertama Buton memberangkatkan tim puta-putri untuk ikut dalam kejuaran Popda pada olahraga basket. Dan Alhamdulillah tim basket putri mendpatkan juara ke 3. Ini merupakan awal yang baik bagi Perbasi Buton," ucapnya.

Sebagai apresiasi terhadap atlet, Nanang mengatakan, Pemkab Buton akan memberikan bonus berupa uang pembinaan kepada yang berhasil meraih medali. "Semoga bonus ini  dapat merangsang atlet-atlet lain untuk lebih giat berlatih lagi supaya ke depan bisa mengharumkan nama Kabupaten Buton," harapnya.

Cabor yang diikuti kontingen atlet Kabupaten Buton pada Popda Sultra 2022 yakni Sepak Takaw, Pencak Silat, Bulu Tangkis, dan Bola Basket. (Adm)

TERKINI