Kemenko Polhukam bersama Operator Telkomsel, XL dan Indosat Tinjau Wilayah yang Belum Terjangkau Jaringan di Buton

Foto bersama rombongan Kemenko Polhukam dan Pemkab Buton di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Buton (Foto Ist)

SURUMBA.com - Asisten Deputi VII Bidang Koordinasi Informastika dan Aparatur Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Marsekal Pertama (Marsma) TNI Penny Rajendra melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Buton, Kamis (16/06/2022). 

Dalam kunjungannya tersebut, ia bersama Kabid Informatika, Kolonel Inf. Susilo, Kabid Telekomunikasi, Kolonel Let Atep Putu Anta, Analis Sumberdaya dan Iptek, Ekhy Adi Putra, Anggota Pusat Pemantau Krisis, Aditia Herlambang, Perwakilan Operator seluler XL, Arifin Torindin, Supervisor Distric, Ihsan Amar, Operation Telkomsel Baubau serta PIC Indosat ooredo Kendari.

Kedatangan rombongan Kemenko Polhukam tersebut disambung Asisten Administasi Umum Setda Buton, La Ode Muhidin Mahmud, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Buton, Sudirman dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Buton.

Usai rapat koordinasi bersama Pemkab Buton, di Ruang Rapat VIP Kantor Bupati Buton, rombongan kemudian melakukan tinjauan Blankspot. Blankspot adalah wilayah yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi. 

"Semoga dengan kunjungan kerja ini bisa ada solusi untuk membantu masyarakat yang selama ini jauh dari jangkauan signal seluler," kata Asisten III Setda Buton, La Ode Muhidin Mahmud.

Di tempat yang sama Asisten Deputi (Marsma) TNI Penny Rajendra mengatakan, transformasi digital di 2023 sudah harus tergerak dengan baik, namun ada kesenjangan digital yakni Blankspot salah satunya ada di daerah Buton sehingga perlu diatasi demi kebutuhan komunikasi. 

"Ini kunjungan pertama merupakan triger untuk kami, pastikan semoga dengan kunjungan pertama ini masalah bisa teratasi. Harapannya tidak akan kunjungan kedua," ujarnya.

Ia juga menegaskan adanya jaminan dari operator. "Karena ini bukan wilayah 3T, sehingga bisa disinergikan bagaimana cara yang terbaik untuk titik blankspot ini teratasi," ucapnya. 

Untuk di ketahui, daerah-daerah Blankspot di Buton terpusat di 3 wilayah yakni Desa Wajah Jaya, Kecamatan Lasalimu Selatan, Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu dan Desa Bukit Asri Kecamatan Kapontori. (din)

TERKINI